Tingkatkan Kinerja, Dinas PU Tanah Bumbu Gunakan IT

TANAH BUMBU – Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), akan mulai melakukan terobosan kerja yang berbasis Teknologi Informasi (IT), guna mempermudah jalannya sistem birokrasi. Demikian disampaikan Kepala Dinas PU Tanbu, Roy Rijali Anwar, saat pertemuan evaluasi proyek perubahan instansi, di Batulicin.

Ia mengatakan, proses layanan birokrasi Dinas PU selama ini yang masih bersifat manual, cenderung menimbulkan kesan lambat, padahal sistem laporan atau usulan realisasi program pembangunan daerah perlu segera untuk dilaksanakan.

“Selama ini sistem laporan atau usulan pembangunan sarana infrastruktur dari masing – masing instansi masih bersifat manual. Kedepan perlu kita ubah dengan sistem berbasis IT, agar dalam pelaksanaanya lebih transparan dan cepat terealisasi, ” kata Roy, di Tanah Bumbu, Rabu (14/9).

Sistem kinerja berbasis IT, menurutnya, adalah sistem kinerja Dinas PU yang akan didukung dengan sarana jaringan internet. Dimana dengan sistem tersebut, setiap orang akan dapat melihat secara langsung hasil program pembangunan daerah, baik itu yang sudah dilaksanakan, maupun yang masih dalam proses dan yang akan dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

Dengan sarana itu pula, masing – masing instansi dari Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD), akan dapat melaporkan usulan pembangunan sarana infrastruktur dengan mudah ke Dinas PU, tanpa harus menggunakan administrasi secara manual yang cenderung memakan waktu relatif lebih lama.

“Melalui alamat website dari jaringan internet yang saat ini masih dalam tahap penyusunan data tersebut, kita semua dipastikan akan dapat dengan mudah melihat informasi secara detail terkait sarana infrastruktur yang tangani Dinas PU, ” jelasnya

Informasi sarana infrastruktur tersebut, bisa berupa hasil pembangunan jalan, jembatan, gedung, sarana irigasi dan lain sebagainya, lengkap dengan peta lokasi, ukuran atau volume, dan informasi kualitas bangunan serta sekitarnya yang ingin diketahui publik.

Dilain pihak, atas rencana tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Tanbu Said Akhmad, memberikan respon positif, dan ia berharap dalam menginventarisir data – data, kedepannya harus  kongkret dengan yang ada di lapangan. Kegiatan bisa segera dilakukan oleh Dinas PU, agar informasi yang diakses masyarakat menjadi lebih mudah dan transparan.

“Namun demikian, terobosan ini juga harus dilandasi dengan peraturan pemerintah sebagai dasar hukumnya. Agar dalam pelaksanaannya bisa lebih dipertanggungjawabkan dan tidak berhenti di tengah jalan, ” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *