koordinasi tim SDA PUPR dan tim BPBD dengan kades gusunge terkait abrasi pantai

Dinas PUPR dan Badan Pengendalian Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu lakukan pengecekan lapangan di Pesisir Pagagan yang terkena abrasi tepat nya di Desa Gusunge dan Desa Wiritasi Kecamatan Kusan Hilir.

Hal itu disampaikan kepala Dinas PUPR Tanbu, melalui Kabid Sumber Daya Air (SDA) Ryan Tirta ST kepada Kalselpos (25/10) siang mengatakan dari hasil cek lapangan sudah didapati data terkait hal itu. 

Disampaikannya, memang untuk panjang groin nya masih kurang ukuran panjang nya. Groin yang sudah ada tinggal menambah panjang nya saja sekitaran 25 M ke dalam pantai.

Mudah mudahan kami bisa menambahkan groin lagi tahun depan. dengan menambah banggunan groin baru yang letak nya di antara Desa Gusunge -dan Desa Wiritasi dengan ukuran panjang 150-200 M. Sementara, untuk groin lama tinggal kita tambahkan panjang nya,”ucap Ryan.

Terpisah, Eryanto Rais Selaku Kepala Badan Pengendalian Bencana Daerah (BPBD) Tanbu, membenarkan hasil yang terjadi dilapangan.

Bahkan menurut nya, tak hanya pesisir pagatan saja yang terjadi abrasi. Sebagai contoh di Kecamatan Sungai Loban, Kecamatan Satui dan Kecamatan Simpang Empat juga terjadi abrasi.

Namun, masih masing wilayah karakter abrasi nya berbeda. Ada pesisir yang pinggiran nya seperti Rawa. tentu nya cara penangan nya berbeda dengan pesisir pantai Pagatan,”beber nya.

Disampaikannya, Kalau karakter rawa, untuk tehnis nya dengan penanaman Pohon Mangrove. dan itu sudah sering dilaksanakan baik program daerah ataupun dari pusat, yang dilaksanakan disemua pesisir yang tentunya berkarakter gambut.

Sumber : https://kalselpos.com/2019/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *