Penanganan Banjir Kusan Hulu Tinggal Menunggu Eksekusi Pemerintah Pusat

Tanah Bumbu –

Curah hujan yang cukup deras membuat sebagian wilayah di Kabupaten Tanah Bumbu tergenang, terutama daerah yang berada dipinggiran aliran sungai, seperti Kecamatan Satui dan Kusan Hulu.
Terkait yang berada didaerah Kusan Hulu, air sungai yang meluap dan menggerus badan jalan hingga mengalir kepemukiman dan persawahan, Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor melalui sambungan telepon menyebut, untuk penanganan jangka pendek akan dilakukan pemagaran dan pembendungan dengan cara menumpuk karung berisi abu batu.
“Penanganan jangka pendek, seperti biasa karung diisi abu batu dan ditanggul sementara. Penomena alam unik, kita hanya bisa menahani sesaat. Dan sesuai hasil kajian tehnis, harus membuat bendungan,” sebutnya.
Dikatakan Bupati, pernah dilakukan bronjong tapi tetap tidak tahan, karena pusaran air sangat deras, dan solusi terbaik memang harus membuat bendungan.
Ditambahkannya, jika dicor pun tetap akan abrasi dan tergerus dibawahnya hingga jalan akan tetap amblas. Yang penting saat ini, masyarakat jangan bikin rumah dipinggir sungai yang daerahnya rawan banjir.
“Sekarang lagi proses pembuatan Amdal, dan tahap selanjutnya eksekusi dari Pemerintah Pusat untuk membuat Bendungan Pengendali Banjir yang juga fungsinya bisa sebagai Pembangkit Listrik, Wisata, pengadaan Air Bersih dan Pengairan,” terang Bupati. (M12)
Sumber : www.bidikkalsel.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *